Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Fitur Tersembunyi Telegram yang Kamu Harus Tahu

4 Fitur Tersembunyi Telegram yang Kamu Harus Tahu - Telegram adalah aplikasi pesan instan berbasis cloud untuk perangkat seluler dan desktop yang berfokus pada kecepatan dan keamanan.

Dengan hampir 500 juta pengguna di seluruh dunia, aplikasi Telegram dapat digunakan di beberapa perangkat secara bersamaan: pesan dapat disinkronkan secara otomatis dengan mulus di ponsel, tablet, atau komputer Anda.

Pengguna dapat menulis ke kontak telepon dan menemukan orang dengan nama pengguna mereka. Telegram seperti campuran SMS dan email dan dapat menangani semua kebutuhan pesan pribadi atau bisnis Anda.

Untuk privasi tambahan, Telegram juga mendukung panggilan suara terenkripsi, dengan pengaturan lanjutan dan kebijakan revolusioner. Jika pengguna menginginkan privasi, Secret Chat di Telegram memiliki fitur self-destruct yang akan menghapus pesan, foto, dan video dengan sendirinya.

Jika Anda telah menjadi pengguna setia Telegram selama beberapa waktu, Anda mungkin akrab dengan fitur unik yang membedakan Telegram dari aplikasi obrolan atau pesan online lainnya seperti WhatsApp atau Line.

Dari sistem keamanan yang menjanjikan, fitur game yang seru, hingga fungsi pesan rahasia yang cocok untuk kamu yang takut ketahuan gebetan saat chat dengan mantan, Telegram punya banyak hal yang kamu perlukan untuk pengalaman chat yang menyenangkan.




1. Temukan teman baru melalui fungsi "Temukan orang berdasarkan lokasi"

Jika Anda ingin memperluas jaringan dan mencari teman baru secara online, fitur ini sangat cocok untuk Anda! Telegram memungkinkan para penggunanya untuk mencari atau menemukan grup dan teman baru dari lokasi terdekat.

Baca juga : cara memilih laptop yang baik dan murah

Namun, pengguna dan grup juga harus mengaktifkan fitur ini agar dapat dideteksi. Jadi jika grup atau pengguna yang Anda cari belum mengaktifkan fitur ini, Anda tidak dapat menemukannya melalui Telegram.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, silahkan buka enu atau tab Kontak dan berikan izin lokasi saat diminta. mudah kan? Jika Anda membutuhkan seseorang untuk bergabung dengan Anda untuk minum kopi atau mungkin "kencan" di Telegram, aktifkan saja fitur ini dan voila!


2. Kelola pesan masuk dalam grup dengan fitur mode lambat

Jika Anda akrab dengan grup Telegram, Anda pasti tahu bahwa Telegram memungkinkan pengguna untuk menambahkan anggota grup hingga 200.000 orang.

Dengan fitur ini, tentunya Anda bisa membayangkan berapa banyak pesan yang bisa Anda terima setiap harinya dari satu grup.

Jadi, agar pengguna tidak bingung, admin grup memiliki opsi "mode lambat", yaitu fitur untuk menjadwalkan waktu tertentu bagi anggota grup sebelum mereka dapat mengirim pesan berikutnya ke grup.

Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, buka grup di tempat Anda berada dan klik Edit > Izin. Kemudian pilih durasi yang diinginkan di bagian bawah halaman.

Fitur ini memudahkan admin grup untuk mengelola grupnya secara lebih efisien, namun tetap nyaman digunakan.


3. Apakah Anda melewatkan sesi hari ini? Jangan khawatir, video conference bisa direkam lho!

Kita semua tahu bahwa situasi Covid-19 di berbagai negara di dunia perlahan membaik, tetapi jika Anda masih bekerja dari rumah atau mungkin terlalu skeptis untuk keluar lagi, Anda mungkin masih memiliki pertemuan online. .

Terlepas dari banyak platform rapat online yang umum digunakan seperti Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams, tahukah Anda bahwa Anda juga dapat mengadakan rapat online melalui Telegram dengan sangat mudah?

Bahkan, Anda tidak hanya dapat menjadwalkan pertemuan online melalui grup Telegram, tetapi Anda juga dapat merekam dan mengirim rekaman pertemuan ke teman atau kolega yang Anda temui di Telegram.

 Untuk menggunakan opsi ini, klik tombol obrolan dan ketuk ikon mikrofon. Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan Anda telah memberikan akses ke aplikasi Telegram untuk mengirim foto dan video.


4. Penyimpanan unlimited dengan memanfaatkan channel khusus

Terakhir, Telegram juga menawarkan fitur unik yang tidak dimiliki aplikasi perpesanan lain: membuat saluran pribadi yang dapat disesuaikan.

Seperti yang kita ketahui, Telegram memiliki fitur saluran yang memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi dengan siapa pun tanpa menerima tanggapan atau pesan dari pelanggan saluran.

Saluran ini biasanya tersedia untuk umum, tetapi jika Anda memerlukan fitur yang memungkinkan Anda menyimpan data atau pesan penting, fitur ini sangat cocok untuk Anda.

Untuk membuat saluran pribadi, setiap pengguna mungkin memiliki instruksi yang berbeda tergantung pada jenis perangkat yang digunakan. Secara singkat, cara mengaktifkan fungsi ini adalah sebagai berikut:


iPhone: 

Buka tab Obrolan, ketuk opsi Pesan Baru di sudut kanan atas aplikasi, dan pilih opsi Saluran Baru.


Android: 

Buka Obrolan, ketuk ikon pensil dan pilih "Saluran Baru" dari daftar opsi yang tersedia.


Desktop: 

Tekan menu "hamburger" di pojok kiri atas dan pilih opsi "Saluran Baru".


Sebagai aplikasi perpesanan populer, Telegram terus memperkenalkan inovasi baru melalui fitur-fiturnya, yang membuat aplikasi lebih menyenangkan, mudah, dan unik untuk digunakan.

Unduh aplikasi untuk iOS (9.0 dan lebih tinggi), Android (4.1 dan lebih tinggi), dan Windows Phone, gunakan Telegram versi web, atau instal aplikasi desktop untuk Windows, macOS, dan Linux.

Bagaimana menurutmu? Jika Anda adalah pengguna setia Telegram, sudahkah Anda menjelajahi fitur-fitur "tersembunyi" ini?

Atau jika Anda adalah pengguna baru, bagaimana Anda akan meningkatkan pengalaman pengguna Anda dengan fitur-fitur Telegram yang hebat ini.


Postingan yang paling dicari:

  • fitur fitur channel telegram
  • kapasitas telegram
  • channel di telegram
  • cara membuat grup di telegram
  • member grup telegram
  • perbedaan channel dan grup di telegram
  • jumlah maksimal anggota grup telegram
  • apa itu grup telegram