Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara untuk Menghapus Data Diri dari Internet

5 Cara untuk Menghapus Data Diri  dari Internet - Siapa pun yang pernah menggunakan Internet dapat dipastikan bahwa ada kemungkinan informasi pribadi yang tersebar di Internet. Anda dapat mengujinya dengan mencari nama Anda di Google.


Minimal, jejak digital Anda akan muncul di media sosial, belanja online, akun email, dan lainnya (termasuk data demografi/pendidikan yang perlu dilindungi).


Menghapusnya bukanlah tugas yang mudah, tetapi bukan tidak mungkin untuk menghapus sebagian besar jejak informasi pribadi Anda dari Internet.

Baca juga : 4 fitur telegram yang harus kamu tahu

Langkah penghapusan ini mungkin tidak direkomendasikan secara umum. Namun, jika seseorang ingin mengetahui "masa lalu" Anda, mereka dapat berharap menemukan "sejarah" Anda secara online dengan melakukan pencarian. Atau Anda merasa benar-benar "kesal" dengan email spam dan SMS setiap hari, mungkin Anda bisa mencoba 5 langkah di bawah ini.




Hapus Akun Anda Dari Media Sosial

Kehadiran media sosial Anda memiliki dampak terbesar pada jejak online Anda, jadi mulailah dari sini.


Penting untuk menghapus akun Anda, tidak cukup untuk logout atau berhenti menggunakannya. Anda benar-benar harus menghapusnya. Cari tahu di platform media sosial mana Anda berada, mereka biasanya memiliki proses resmi untuk menutup/menghapus akun Anda.


Kunjungi setiap situs jejaring sosial yang Anda gunakan: TikTok, IG, Facebook, LinkedIn, Twitter, Reddit, dll., dan ikuti langkah-langkah proses penghapusan.


Sebagian besar dari mereka akan menghapus konten Anda sepenuhnya dalam waktu yang tidak singkat, seperti contoh kurang lebih 30 hari.


Jika Anda belum siap berkomitmen untuk menghapus semua media sosial Anda, Anda dapat menjadikan akun Anda pribadi di TikTok, Twitter, Instagram, dan Facebook.

 

Hapus Data Dari Situs Pengumpulan Data

Situs pengumpulan data, umumnya dikenal sebagai People Finders, berada dalam bisnis menyimpan sejumlah besar data tentang semua orang, dan pencarian cepat mungkin menunjukkan bahwa situs seperti Spokeo, Whitepages, dan BeenVerified mengetahui siapa Anda (dan berpotensi menjual informasi kepada siapapun).

 

Ini adalah setengah dari masalah karena pengumpul data ini tidak menjual data secara langsung secara online – model bisnis utama mereka adalah menjual data dalam jumlah besar ke organisasi besar.


Anda dapat menghapus diri Anda sendiri secara manual dari situs-situs ini satu per satu (banyak di antaranya memiliki halaman untuk menghapus), tetapi ini adalah tugas yang cukup berat.


Anda dapat menyewa layanan online seperti Delete Me atau Privacy Duck untuk melakukan ini untuk Anda. Perhatikan bahwa ini tidak murah. (Delete Me berharga $129 per tahun, sementara Privacy Duck mulai dari $500 per tahun.)


Dan Anda akan memerlukan langganan berkelanjutan karena penghapusan konten Anda dari situs pengumpulan data biasanya bersifat sementara dan mungkin akan kembali ke database mereka beberapa bulan kemudian.


Hapus Akun Belanja Online Anda

Toko online juga menyimpan sejumlah besar data tentang pelanggan mereka. Setiap situs web tempat Anda melakukan pembelian pasti menyimpan beberapa catatan dan profil Anda, jadi Anda harus mengunjungi semua situs, seperti Amazon, eBay, Asos, Tokopedia, BukaLapak, Shopee dan lainnya.


Banyak toko tidak menyertakan tautan di mana pun di situs mereka untuk menghapus akun Anda. Jika Anda tidak dapat menemukannya, hubungi dukungan pelanggan dan minta untuk nonaktifkan serta hapus akun Anda.


Nonaktifkan Akun Email Anda

Simpan yang terakhir, karena Anda mungkin memerlukan email untuk tetap berhubungan dengan situs web yang Anda coba hapus. Tetapi jika Anda benar-benar ingin menghapus keberadaan online Anda, Anda perlu menonaktifkan dan menghapus akun email Anda juga.


Di sinilah menghapus diri Anda dari Internet bisa sangat tidak mudah. Dikarenakan hampir semua orang membutuhkan akun email untuk eksis di abad ke-21 ini.


Tetapi Anda dapat menghapus semua kecuali satu akun dan menjadikannya satu-satunya koneksi di Internet Anda. Apalagi jika Anda pengguna Android, maka mutlak harus menggunakan minimal satu akun Gmail agar smartphone Anda bisa bekerja.


Postingan yang paling dicari:

  • cara menghapus data pribadi di aplikasi
  • cara menghapus data pribadi di pinjaman online
  • cara menghapus data pribadi di google
  • cara menghapus data bantuan sosial
  • cara hapus akun slot
  • cara menghapus email yang terdaftar di website
  • cara menghapus transaksi togel
  • kapan suatu data atau informasi dapat dihapus atau dihilangkan