Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Laptop Kerja yang Tepat

Tips Memilih Laptop Kerja yang Tepat - Bagi seorang pekerja, terutama pekerja kantoran, laptop tentu menjadi barang yang wajib dimiliki. Hal ini tentu saja karena hampir semua pekerjaan mereka harus dilakukan di laptop. Laptop juga disukai karena dianggap lebih efektif untuk dibawa-bawa karena mobilitasnya yang sangat tinggi.

Dengan semakin banyaknya merek yang memproduksi laptop kerja, biasanya akan membuat Anda semakin bingung saat akan membelinya. Saat ini, ada tiga merek paling populer bagi masyarakat Indonesia, yaitu Asus, Lenovo dan Acer. Jika Anda masih bingung memilih laptop kerja yang tepat, berikut tips memilih laptop kerja yang akan membantu Anda.


1. Hitung dan Siapkan Anggaran

Siapapun Anda, termasuk pekerja, mempersiapkan alokasi dana terlebih dahulu harus benar-benar dilakukan jika ingin membeli barang yang cukup mahal, seperti laptop kerja. Sebelum memilih laptop mana yang akan dibeli, hitung dan persiapkan terlebih dahulu alokasi dana khusus untuk membeli laptop.

Baca juga:tips memilih laptop yang bagus

2. Mulailah untuk Mencari Tahu dan Mempertimbangkan Spesifikasi Laptop

Setiap seri dari sebuah brand yang mengeluarkan laptop biasanya memiliki target khusus untuk laptop tersebut, hal ini bisa dilihat dengan jelas dari spesifikasi yang diberikan. Beberapa bagian utama yang harus Anda pertimbangkan saat membeli laptop adalah baterai, memori, prosesor, hard drive, dan koneksi. Beberapa spesifikasi ini sangat berpengaruh dengan pekerjaan Anda.


3. Mempertimbangkan Ukuran Layar

Saat ini, ukuran layar laptop yang bisa ditemukan di laptop adalah 11 hingga 17 inci. Untuk laptop kerja sendiri, ukuran paling ideal adalah 13 inci dan 14 inci. Mengapa begitu? Karena dengan ukuran sebesar itu pekerjaan mengetik dan membuat beberapa presentasi bisa dilakukan dengan sangat maksimal. Selain itu, laptop kerja dengan ukuran ini tidak akan terasa terlalu berat saat dibawa kesana kemari.


4. Memilih Touchpad Juga Penting

Bagian dari laptop yang selama ini sering dianggap tidak terlalu penting, ternyata akan sangat mempengaruhi kinerja seseorang adalah touchpad. Ada beberapa seri laptop yang menempatkan touchpad terlalu dekat dengan keyboard sehingga tidak sengaja tersentuh, dan merusak halaman kerja, dan beberapa masalah lainnya. Karena itulah, memilih dan mencoba touchpad di laptop kerja juga harus tetap dilakukan.


5. Jarak antara Tombol Keyboard

Bagi seorang pekerja kantoran yang pekerjaannya tidak jauh dari mengetik, jarak antar tombol juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Untuk itu, saat memilih laptop kerja, sesuaikan ukuran jari Anda dengan jarak pada keyboard. Jangan sampai kecepatan mengetik Anda berkurang hanya karena jarak keyboard yang tidak sesuai dengan jari Anda.


6. Daya Tahan Baterai

Bisa dibayangkan betapa rumitnya jika harus terlalu sering men-charge laptop saat bekerja, apalagi jika harus melakukan pekerjaan di luar kantor atau mengadakan pertemuan dengan klien di tempat yang tidak terduga. Untuk pertimbangan ini, Anda juga harus memperhatikan dengan baik masa pakai laptop kerja yang akan dibeli nantinya. Sekali lagi, jangan sampai pekerjaan Anda terganggu hanya karena baterai laptop kerja yang tidak bisa diandalkan.

Baca juga: penyebab laptop mudah lemot

7. Sistem Operasi Laptop

Di Indonesia sendiri, sistem operasi Windows masih menjadi yang paling populer karena setiap lapisan masyarakat masih paling banyak menggunakan sistem operasi. Padahal masih ada beberapa sistem operasi yang juga sebagus Linux. Saat akan membeli laptop kerja, jangan lupa juga tanyakan sistem operasi apa yang direkomendasikan untuk laptop tersebut, karena seringkali sistem operasi mempengaruhi kecepatan kerja laptop dan kenyamanan Anda sendiri sebagai pengguna.


8. Laptop biasa atau Hybrid?

Sejak beberapa tahun lalu, setiap merek berlomba-lomba meluncurkan kecanggihan yang seolah tidak ada batasnya pada setiap laptop, misalnya melalui fitur laptop hybrid yang bentuknya bisa diubah-ubah. Yang harus selalu kamu ingat adalah tidak semua pekerjaan membutuhkan laptop hybrid seperti ini, jadi kamu juga tidak perlu memaksakan diri untuk membeli laptop kerja. Lain halnya jika pekerjaan Anda memang mengharuskan Anda memiliki laptop hybrid yang super canggih.


9. Merek Laptop

Terakhir untuk tips saat membeli laptop kerja adalah merknya. Setiap orang biasanya memiliki standar masing-masing bahwa merek ini lebih baik dari merek lain, meskipun tidak selalu benar tetapi tidak sepenuhnya untuk disalahkan, karena biasanya mereka telah membuktikan diri ketika menggunakan suatu merek. Jika Anda masih tidak bisa memutuskan merek mana yang akan dipilih, coba kunjungi forum-forum di internet yang sering membahas masalah ini.


Rekomendasi Laptop untuk Kerja


1. ASUS Vivo Book Max X441uV



Dibekali dengan prosesor Intel Core i3 6006U yang terintegrasi dengan HD Graphics dan memiliki RAM 4GB DDR4 dan juga layar seluas 14 inci, laptop ini recommended banget untuk kebutuhan kantoran.

Selain storage yang mencapai 500 GB sangat memuaskan bagi Anda, model slim, minimalis dan elegan ini sangat cocok untuk Anda yang berjiwa muda dan berjiwa enerjik. Selain itu, keunggulan lainnya adalah harganya yang cukup murah yaitu Rp. 4,5 juta.


2. Dell Inspiron 14 3467 Core I3



Laptop Dell ini memiliki spesifikasi yang cukup lengkap yaitu memiliki storage yang besar yaitu HDD 1 TB. Dengan penyimpanan yang besar ini, tentunya Anda dapat mendukung pekerjaan Anda tanpa khawatir kehilangan data penting.

Laptop Dell Inspiration 14 ini juga dilengkapi dengan Prosesor Intel Core i3-6006U, dan RAM 4 GB DDR4. Meski memiliki spesifikasi yang cukup baik dibandingkan dengan laptop jenis lain, namun harga yang ditawarkan juga cukup murah, mulai dari Rp. 5,9 juta.


3. Lenovo IdeaPad 120S-14IAP



Laptop Lenovo ini memiliki bodi yang tipis dan mudah dibawa kemana-mana sehingga memudahkan mobilitas Anda. Layar 14 inci yang dihadirkan sangat pas untuk menunjang pekerjaan Anda. Dibekali prosesor N3350 dengan Intel HD Graphics, RAM DDR4 4 GB, dan juga SSD 128 GB, membuat laptop ini memiliki performa yang mumpuni dibandingkan laptop pada umumnya. 


4. Acer ES1-432-CN1T


Laptop Acer ini bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda. Pasalnya, laptop ini dibekali dengan CPU Intel Celeron N3350, dengan prosesor grafis Intel HD Graphics, dan RAM DDR3 sebesar 2 GB. Dengan kapasitas RAM yang besar, memudahkan untuk menyimpan data Anda. Jadi, tidak perlu khawatir cepat kenyang atau mengalami kerusakan data.


5. Acer Aspire 3 A314-32


Acer Aspire 3 A314-32 merupakan laptop dengan prosesor Celeron N4000 generasi Danau Gemini yang menawarkan peningkatan kinerja dan efisiensi konsumsi daya dibandingkan pendahulunya. Acer membekali laptop ini dengan baterai 2 cell 4810mAh yang mampu bertahan hingga 8 jam penggunaan normal. Laptop ini didesain stylish dengan tekstur brushed metal pada interiornya dan dibalut dengan casing yang kokoh dan tipis. Laptop ini dibandrol dengan harga Rp. 3.549.000 – Rp 6.000.000.

Demikian pembahasan mengenai tips memilih laptop kerja yang tepat, semoga artikel ini bermanfaat.


Postingan yang paling dicari:

  • tips memilih laptop 2021
  • tips membeli laptop baru bagi pemula
  • cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa
  • cara memilih laptop yang bagus
  • memilih laptop sesuai kebutuhan
  • rekomendasi laptop untuk kerja kantoran 2021
  • beli laptop baru dapat apa saja
  • contoh spesifikasi laptop yang bagus