Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendidik Dan Membina Anak Disabilitas

Cara Mendidik Dan Membina Anak Disabilitas - Tidak seorang pun dalam dunia ini yang dapat memilih untuk dilahirkan dalam keadaan sempurna secara fisik atau psikologis, atau dilahirkan dengan keterbatasan dalam kedua aspek tersebut. Faktanya, banyak orang di sekitar kita yang terlahir dengan sebuah kondisi terbatas dalam beberapa hal, merekalah yang kita kenal dan sering disebut sebagai orang berkebutuhan khusus.

Di atas semua perbedaan tersebut, semua manusia tetaplah ciptaan Tuhan dan harus diperlakukan sama dan hak-haknya harus diperhatikan. Namun fakta dalam lapangan menunjukkan masih tingginya perbedaan perlakuan terhadap anak berkebutuhan khusus dengan anak pada umumnya. Beberapa tidak peduli bahkan hingga enggan untuk sekedar berinteraksi dengan mereka.

Lalu bagaimana nasib anak-anak ini? Dan bagaimana cara Mendidik Dan Membina Anak Disabilitas? Haruskah mereka tinggal di dalam rumah dan menarik diri dari masyarakat? Tidakkah mereka pantas untuk bermimpi? Tidakkah mereka pantas untuk tersenyum dalam hidup? Apakah mereka tidak layak untuk bisa membangun dan mempersiapkan masa depan mereka?

Tapi kalau bicara pendidikan atau mendidik anak-anak 'khusus' ini, terutama anak Disabilitas, apakah hanya bisa dilakukan oleh pendidik? Apakah kita sebagai seorang warga negara tidak mampu mendidik mereka? Jawabannya ya, lalu bagaimana? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan memberikan beberapa cara yang dapat diterapkan oleh orang tua, anggota keluarga, dan masyarakat dalam bekerja sama mendidik atau membina anak Disabilitas.


Cara Mendidik Dan Membina Anak Disabilitas



1. Beri Perhatian

Memperhatikan merupakan dasar dari segala upaya dalam mendidik anak Disabilitas, karena pada dasarnya mendidik anak berkebutuhan khusus merupakan sesuatu yang membutuhkan kesabaran dan perhatian ekstra. Cara memberikan sebuah perhatian ini dapat diwujudkan dengan menghargai anak dalam apapun yang dilakukannya.

Perhatian ini juga dapat diwujudkan dengan memberikan kasih sayang atau afeksi yang lebih kepada anak Disabilitas agar mereka merasa dicintai, dan mengutamakan mereka dalam kegiatan yang tidak dapat mereka lakukan sendiri sehingga mereka benar-benar merasa diperhatikan.


2. Tumbuhkan Pemahaman Diri

Menumbuhkan pemahaman diri merupakan salah satu kunci dalam membina atau mendidik anak Disabilitas. Hal ini dapat diterapkan dengan memberikan pemahaman tentang kondisi fisik mereka, sehingga mereka mampu memahami semua kekurangan fisik tersebut dan tetap menghargai diri mereka sendiri meskipun mempunyai keterbatasan.

Kita juga harus memberikan pemahaman kepada mereka tentang pentingnya memperhatikan sudut pandang orang lain, karena pada umumnya karena kekurangan fisik yang mereka miliki, anak Disabilitas cenderung memiliki egosentrisme yang lebih tinggi daripada anak normal pada umumnya.

Sehingga dengan mengajarkan mereka pentingnya cara pandang orang lain dapat mengurangi egosentrisme yang ada pada anak Disabilitas. Membantu mereka mengidentifikasi minat dan bakat mereka serta menentukan aspirasi mereka untuk masa depan juga merupakan bentuk tumbuhnya pemahaman diri bagi anak Disabilitas.


3. Melatih Kemampuan Komunikasi

Keterbatasan anak Disabilitas dalam mendengar suara disekitarnya membuat mereka kesulitan untuk berkomunikasi secara lisan. Di sini kita bisa mengajari mereka lewat beberapa hal seperti mengamati dan memahami gerakan lidah dan bibir lawan bicara, lalu menyuruh mereka mengulang ucapan lawan bicara.

Kita juga bisa melatih komunikasi mereka dengan membacakan teks bersama mereka sehingga mereka mempunyai perbendaharaan kata yang beragam, dan mereka mampu memahami bunyi dari setiap kata yang dibaca atau didengar. Hal-hal tersebut bisa dilakukan untuk membantu anak membiasakan diri berekspresi dan berkomunikasi secara verbal, sehingga tidak hanya mengandalkan bahasa isyarat.

Demikian ulasan tentang Cara Mendidik Dan Membina Anak Disabilitas semoga bermanfaat.


Postingan paling dicari:
  • metode pembelajaran anak tunarungu
  • bagaimana peranan keluarga pada anak berkebutuhan khusus
  • cara memahami anak berkebutuhan khusus
  • metode pembelajaran anak tunarungu pdf
  • media pembelajaran anak tunarungu
  • sikap terhadap anak berkebutuhan khusus
  • cara mendidik anak berkebutuhan khusus dalam islam
  • cara menangani anak tunarungu