Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan dan Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Menggunakan dan Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak - Digitalisasi dalam berbagai bidang membutuhkan perangkat yang memadai. Salah satunya perangkat keras berupa laptop. Penggunaanya lebih praktis dan fleksibel, bisa dibawa kemanapun. Jika kita flashback saat pandemi memuncak, pengguna laptop semakin tinggi terutama untuk pelajar. Menariknya, dalam beberapa bulan pemakaian ada yang sudah rusak. Padahal tanggal pemberiannya serentak. 




Cara Menggunakan dan Merawat Laptop Touchscreen Agar Awet 

Cara merawat laptop touchscreen tentunya berbeda dengan laptop pada umumnya. Layar monitor di laptop touchscreen mempunyai fungsi ganda. Sebagai perangkat keras input sekaligus output. Jadi, fungsi keyboard bisa digantikan perangkat keras lain. Agar bisa bertahan lama, berikut ini cara menggunakan dan merawatnya :


1. Merawat Laptop Dengan Menjaga Suhu Laptop Tetap Stabil

Jangan membiarkan laptop bersuhu tinggi. Hindari penggunakan laptop dengan cara dipangku karena suhu panas semakin cepat karena adanya aliran dari tubuh. Suhu berpengaruh pada kinerja monitor. Layar sentuh bisa beroperasi pada suhu antara 0-30 derajat celcius dengan kelembapan 5%. 


2. Menjauhkan dari Medan Magnet 

Cara merawat laptop touchscreen dengan cara menjauhkan layar dari medan magnet. Terlebih untuk benda dengan elektromagnetik. Dapat dikhawatirkan mengganggu sistem layar sentuh pada monitor. Jauhkan benda-benda seperti kipas angin, speaker, televisi, microwave hingga ponsel. 


Baca juga:


3. Menjaga Baterai

Jangan membiarkan laptop yang sedang beroperasi sampai habis baterai. Pastikan baterai masih di atas 20% saat digunakan. Baterai habis akan berpengaruh pada layar. Sumber listrik dari keempat sudut akan ditransmisikan ke titik sentuhan, dalam hal ini layar monitor. Listrik menjadi tidak stabil dan membuat layar menjadi ‘mengapung’. 


4. Menjaga Kebersihan

Hal paling penting dalam merawat laptop adalah merawat laptop. Bersihkan laptop menggunakan kain microfiber dan jika diperlukan bisa menyemprotkan cairan khusus pembersih pada kain tersebut. Usapkan secara perlahan dan searah. Jangan sampai membiarkan kotoran pada layar karena dapat menghasilkan lapisan konduktif. Sehingga sentuhan layar menjadi tidak akurat. 

Itulah cara menggunakan dan merawat laptop touchscreen. Jangan menggunakan sentuhan layar secara terus-menerus. Penggunaan layar dan juga monitor sebaiknya dilakukan secara berkala. Bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi keduanya dan mencegah kerusakan pada keduanya. 


Postingan paling dicari:
  • cara merawat laptop agar awet
  • cara merawat laptop windows 10
  • perawatan laptop agar tidak lemot
  • cara merawat laptop baru beli
  • penyebab laptop cepat rusak
  • cara merawat baterai laptop
  • cara agar baterai laptop awet
  • hal yang tidak boleh dilakukan pada laptop