Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghemat Uang Gaji agar Cukup Sebulan

Cara Menghemat Uang Gaji agar Cukup Sebulan - Mengetahui cara menghemat gaji untuk sebulan itu penting. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga, ada tuntutan tersendiri terutama bagi para ibu untuk bisa mengatur pengeluaran agar kebutuhan hidup pokoknya terpenuhi, dan masih ada sisa uang untuk ditabung.

Faktanya, mengelola uang itu rumit. Jangan senang di awal bulan (setelah gajian) tapi baru dua minggu, kamu sudah pusing karena uang bulananmu hampir habis. Inilah cara menghemat uang gaji untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.




1. Kembangkan Prioritas dan Anggaran Bulanan, Cara Efektif Menghemat Uang

Tip pertama; Di awal bulan, buatlah catatan pada skala prioritas. Menjamin alokasi pendapatan harus jelas dan terarah. Jadi, jangan biarkan uang mengendalikan Anda. Seperti yang dikatakan Alistair Darling, uang diciptakan sebagai pelayan, bukan tuan atau ekonomi yang sebenarnya. Setelah skala prioritas selesai, giliran Anda untuk menerapkannya. Artinya hal-hal pada skala prioritas harus diprioritaskan. 


2. Tolak Kartu Kredit, Cara Cerdas Hemat

Tawaran kartu kredit memang kerap menggiurkan, apalagi dengan iming-iming yang tak terbatas. Jika Anda tidak berhati-hati, kartu kredit dapat menyebabkan kerugian finansial.nCukup gunakan kartu debit untuk membayar berbagai keperluan. Hal ini harus Anda perhatikan agar uang yang dikeluarkan tidak melebihi gaji Anda. Ingat, kartu kredit seperti pedang bermata dua. Suatu hari itu mungkin menyelamatkan; tetapi pada kesempatan lain itu menjebak Anda dalam tagihan utang.

Baca juga:


3. Paksa Diri Anda untuk Menyimpan Emas

Pengeluaran yang mengalir seperti air tentu membuat Anda kesulitan untuk menabung. Tip terbaik, cobalah menabung emas. Menyimpan emas sama dengan berinvestasi. Artinya, Anda telah mempersiapkan salah satu bekal keuangan untuk masa depan Anda. Tidak hanya itu, investasi emas juga menjadi ciri khas orang yang ingin berpikir jangka panjang. T Harv Eker berkata, seseorang harus berinvestasi hari ini untuk kebebasan hari esok.


4. Buat jadwal belanja agar pengeluaran tidak membengkak

Menghemat pengeluaran bukan berarti Anda tidak bisa berbelanja atau berbelanja di mall, bukan? Agar aktivitas tetap berjalan, buatlah jadwal belanja yang teratur. Jika budget Anda berlebihan, Anda bisa berbelanja hingga 4 kali dalam sebulan. Sebaliknya, jika gajinya terbatas, usahakan untuk tidak menghabiskan lebih dari 2 kali.

Agar bisa berhemat, coba manfaatkan momen diskon di akhir tahun atau hari libur tertentu. Saat itu, Anda biasanya diberikan diskon hingga 50%. Tip lainnya, bayar belanjaan dengan uang tunai. Usahakan untuk tidak membawa kartu debit atau kredit saat berbelanja.


5. Berkomitmen

Tidak menghabiskan lebih dari 70% dari gaji Anda, komitmen ini mungkin sulit, tetapi Anda harus melakukannya. Semua berawal dari kebiasaan. Sebagai simulasi komitmen Anda, coba sisihkan 30% untuk menabung. Sebesar apapun gajinya, nominal 30% harus masuk ke tabungan. Misalnya, Anda mendapatkan Rp 3 juta sebulan. Artinya, jumlah tabungan Anda adalah Rp3 juta dikalikan 30%. Hasilnya Rp 900 ribu per bulan.

Uang senilai Rp. 900 ribu, jika dikalikan 12 bulan menjadi Rp. 10,8 juta. Itulah kekayaan yang Anda miliki dari menabung. Sekali lagi, kuncinya adalah komitmen. Jangan biarkan ekonomi mendikte arah karir Anda atau memutuskan bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda.

Itulah cara menghemat uang gaji untuk sebulan, semoga artikel ini bermanfaat.


Postingan paling dicari:

  • cara membagi uang gaji 1 juta
  • cara mengatur uang bulanan 3 juta
  • cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu
  • cara mengatur uang belanja 50 ribu
  • cara menghemat uang bulanan rumah tangga
  • cara mengatur uang gaji 2 juta
  • cara menghemat uang 100 ribu untuk sebulan
  • cara mengatur uang belanja agar tidak boros