Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengoptimalkan Pendidikan di Indonesia yang Berstandar Nasional

Cara Mengoptimalkan Pendidikan di Indonesia yang Berstandar Nasional - Pendidikan di Indonesia masih menjadi salah satu sektor domestik yang membutuhkan perhatian khusus. Pasalnya, masih banyak masalah signifikan yang belum terselesaikan termasauk Mengoktimalkan Pendidikan. Tidak bisa dipungkiri, mengatasi masalah mendasar bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika masalah itu sudah berlangsung lama, pasti butuh proses yang lama untuk memperbaikinya.




Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mengatasi masalah pendidikan di Indonesia, mari kita bahas dulu apa saja masalah pendidikan yang masih belum bisa diselesaikan sampai sekarang. Menurut hasil survei PISA 2018, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menyatakan ada tiga masalah yang harus segera diselesaikan. Adalah sebagai berikut:


Masih banyak siswa berprestasi rendah

Menurut Presiden Jokowi, diperlukan suatu upaya yang lebih besar untuk menekan jumlah siswa berprestasi rendah. Pada 2030, ia menargetkan untuk mengatasi tingginya persentase siswa berprestasi rendah sebesar 15 hingga 20 persen.


Baca juga: cara mendidik dan membina anak disabilitas


Tingginya persentase siswa yang mengulang kelas High

Selain itu, selain tingginya jumlah siswa berprestasi rendah, persentase siswa yang mengulang kelas juga masih tinggi, datanya mencapai 16 persen. Angka tersebut terbilang tinggi karena 5 persen lebih banyak dari persentase rata-rata negara-negara OECD.


Tingginya persentase ketidakhadiran siswa di kelas

Kemudian, ada juga masalah absensi siswa. Di Indonesia, persentase ketidakhadiran siswa di kelas masih cukup tinggi. Tentunya untuk mengatasi hal tersebut diperlukan penanganan yang menyeluruh.


Cara Mengatasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia

Menurut Presiden Jokowi, langkah tersebut harus dimulai dari segala aspek. Mulai dari aspek anggaran infrastruktur, pengelolaan sekolah, peraturan sekolah, kualitas guru, hingga beban administrasi guru. Sekarang, mari kita bahas beberapa solusi lain yang mungkin bisa membantu mengatasi masalah pendidikan di Indonesia.


1. Meningkatkan Kualitas Pendidik

Pendidik tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam mengatasi permasalahan pendidikan di Indonesia. Sebenarnya Indonesia memiliki jumlah guru yang banyak, hanya saja kuantitas ini tidak diimbangi dengan kualitas. Permasalahannya, tidak semua guru mampu mengajarkan materi sesuai kompetensinya masing-masing.

Berdasarkan data UNESCO dalam Global Education Monitoring (GEM) Report tahun 2016, masih ada 52 persen guru yang belum memiliki sertifikat profesi. Sementara itu, ada 25 persen guru yang tidak memenuhi kualifikasi akademik. Untuk itu, upaya pengembangan kualitas pendidik Indonesia sangat diperlukan. Misalnya, melakukan strategi berikut:

Memfasilitasi guru untuk mengikuti berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan keterampilan.

Mendukung guru untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat untuk mengajar dan belajar.

Meningkatkan program beasiswa bagi guru yang ingin memperdalam ilmu mengajar melalui perkuliahan.

Meningkatkan kesejahteraan guru.

Menerapkan pola pikir bahwa guru adalah siswa yang juga harus terus belajar.


2. Meningkatkan Efisiensi Proses Pembelajaran

Kemudian, solusi selanjutnya yang dapat dilakukan adalah terkait dengan proses pembelajaran. Untuk membangun pendidikan yang optimal, proses pembelajaran perlu ditinjau kembali, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan siswa atau tidak. Proses belajar itu sendiri merupakan kegiatan yang meliputi membaca, mengamati, mendengarkan, meniru, dan mengikuti petunjuk.

Sementara itu, banyak hal yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran ini. Misalnya seperti teknologi informasi, teknologi komunikasi, fasilitas dari sekolah, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, setiap lembaga pendidikan perlu mengedepankan aspek-aspek yang dapat mendukung proses pembelajaran. Membangun lingkungan yang nyaman dan kondusif agar siswa dapat termotivasi dan dapat menangkap pelajaran dengan maksimal.

Bahkan dengan fasilitas dan teknologi yang baik, guru dapat menyampaikan pelajaran dengan lebih mudah dan efektif. Begitu juga dengan siswa, mereka akan lebih mudah membaca, menulis, menghafal, dan lain-lain jika fasilitas dan teknologi yang digunakan sekolah memadai. 

Demikianlah informasi tentang cara mengoptimalkan pendidikan di indonesia yang berstandar nasional semoga bermanfaat.


Postingan terkait :
  • apa saja permasalahan pendidikan di indonesia dan bagaimana solusinya
  • cara mengatasi rendahnya tingkat pendidikan di indonesia
  • solusi permasalahan pendidikan menurut para ahli
  • solusi permasalahan pendidikan di masa pandemi
  • cara mengatasi masalah pendidikan di daerah terpencil
  • permasalahan pendidikan dan solusinya
  • cara mengatasi pendidikan yang rendah
  • 10 masalah pendidikan di indonesia dan solusinya