Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Pendidikan di Indonesia, Sistem dan Perkembangannya

Mengenal Pendidikan di Indonesia, Sistem dan Perkembangannya - Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Pendidikan di Indonesia didefinisikan sebagai sebuah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, berakhlak mulia. 




karakter, dan keterampilan yang mereka butuhkan. bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Melalui proses pembelajaran, berbagai manfaat dapat diperoleh siswa. Manfaat tersebut antara lain pengembangan kemampuan dan potensi, serta pembentukan karakter. 

Pembentukan karakter yang dimaksud adalah kreatif, cakap, mandiri dan bertanggung jawab. Saat ini proses pembelajaran telah mengalami banyak Sistem Dan Perkembangannya, salah satunya adalah metode pembelajaran di rumah.

Pada artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang pendidikan di Indonesia, termasuk sistem pendidikan hingga perkembangannya saat ini. Namun sebelum membahas lebih lanjut, berikut poin-poin yang akan dibahas.

Mengenal Pendidikan di Indonesia

Sistem dan Jenjang Pendidikan di Indonesia

Perkembangan pendidikan di Indonesia

Kurikulum Rencana Pelajaran 1947

Kurikulum Rencana Pelajaran yang Diurai 1952

Kurikulum Rencana Pendidikan 1964

Kurikulum 1968

Kurikulum Pendidikan 1975

Kurikulum Pendidikan 1984

Kurikulum 1994 dengan Tambahan Kurikulum 1999

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006

Kurikulum 2013

1. Mengenal Pendidikan di Indonesia

Dalam proses penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, Pancasila merupakan landasan ideologis dasar. Yayasan ini bersifat mengikat dan mempunyai kekuatan hukum bagi pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia. Hal ini dilakukan mengingat pentingnya pendidikan untuk mutu dan kualitas bangsa.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas pendidikan di Indonesia. Beberapa tugas instansi pemerintah ini antara lain penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan masyarakat, dan pengelolaan kebudayaan. Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, terdapat berbagai program prioritas yang dijalankan oleh pemerintah. program ini meliputi:

Meningkatkan pembiayaan pendidikan di Indonesia.

Digitalisasi sekolah untuk pendidikan di Indonesia

Meningkatkan kualitas tenaga pengajar

Meningkatkan kualitas mutu kurikulum pendidikan di Indonesia

Revitalisasi pendidikan vokasi

Program pendidikan tinggi atau kampus mandiri

Bahasa dan budaya yang lebih baik

2. Sistem dan Jenjang Pendidikan di Indonesia

Saat ini sistem pendidikan di Indonesia yang dijalankan merupakan sistem pendidikan Nasional. Sistem pendidikan ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Sebelumnya, wajib belajar bagi orang Indonesia ditetapkan selama 9 tahun, meliputi 6 tahun untuk sekolah dasar dan 3 tahun untuk sekolah menengah. Namun kini telah ditingkatkan menjadi 12 tahun yang meliputi 6 tahun untuk pendidikan dasar, 3 tahun untuk pendidikan menengah pertama, dan 3 tahun untuk pendidikan menengah atas.

Pendidikan merupakan sektor yang sangat penting untuk kemajuan suatu bangsa. Untuk itu, penting untuk memilih perumahan yang dekat dengan fasilitas pendidikan untuk memudahkan proses belajar mengajar.


Sistem pendidikan nasional bertujuan untuk mendidik dan memberikan pengetahuan akademik, keterampilan, hingga perilaku. Ada beberapa sistem pendidikan di Indonesia yang telah diterapkan, yang berdampak pada perkembangan sumber daya manusia di Indonesia. Sistem pendidikan itu meliputi:

a. Sistem Pendidikan di Indonesia Berorientasi Nilai

Sistem ini bertujuan untuk mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan dan sosial. Nilai-nilai tersebut antara lain tanggung jawab, toleransi, kejujuran, dan disiplin. Sistem ini diterapkan pada jenjang pendidikan dasar. Penerapan sistem pendidikan di Indonesia yang berorientasi nilai dapat dilihat dari pemberian mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

b. Sistem Pendidikan di Indonesia dengan Sistem Terbuka

Melalui sistem ini, mahasiswa diharapkan dapat bekerja sama dengan teman sekelas dengan menunjukkan nilai inovasi dan kreativitas. Melalui sistem terbuka, siswa menjadi fokus utama. Siswa diberi kebebasan untuk mengemukakan pendapat, inisiatif, dan bertanggung jawab untuk mengatur proses belajar mengajarnya sendiri. 

Demikianlah informasi tentang Mengenal Pendidikan di Indonesia, Sistem dan Perkembangannya  semoga bermanfaat.