Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Pelajar

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Pelajar - Pendidikan karakter adalah pendidikan yang berfungsi untuk membangun karakter seseorang menjadi lebih baik dan pendidikan ini juga penting bagi setiap orang, dimana karakter tersebut akan mendominasi karakter dan pembuktian diri orang tersebut. Pendidikan Karakter pertama kali dicetuskan oleh saudagar Jerman F.W. Foerster (1869-1966).

Pendidikan karakter ini menekankan pada etika spiritual untuk membentuk pribadi yang baik. Tujuan pentingnya pendidikan karakter, menurut Foerster, adalah untuk pembentukan karakter yang diwujudkan dalam kesatuan hakiki antara subjek dengan perilaku dan sikapnya.

Karakter merupakan kualifikasi pribadi seseorang yang memberikan sebuah kesatuan dan kekuatan pada sebuah keputusan yang diambilnya. Oleh karena itu karakter menjadi seperti bukti diri seseorang. Pendidikan karakter memperkenalkan konteks integral dan mampu mengatasi kepentingan dan keterbatasan diri sendiri. Pendidikan karakter juga merupakan sebuah hak dan kewajiban setiap warga negara.




Bagaimana pendidikan menurut para ahli?


Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Menurut Lickona (1992), pendidikan karakter harus melibatkan metode, teknik dan materi yang dapat membuat seseorang berargumentasi dan berkeinginan untuk memiliki karakter yang baik dimulai dari pengetahuan akan nilai kebaikan, sehingga selanjutnya akan mengembangkan sikap cinta dan kasih sayang. 

akhirnya ingin melakukan perilaku baik tersebut. Pendidikan karakter dapat dimulai sejak dalam kandungan dan juga dapat dimulai sejak dini, karena karakter seseorang akan lebih mudah dibentuk dan dikembangkan.


Baca juga: mengenal pendidikan di indonesia, sistem dan perkembanganya


Macam-Macam Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter dapat dibagi menjadi beberapa cara atau dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu:

  • Pendidikan karakter internal

Pendidikan karakter secara internal diperoleh dari peran keluarga dalam membentuk kepribadian dan karakter itu sendiri. Seperti peran ayah dalam keluarga, ibu, saudara laki-laki, dan sebagainya yang bisa menjadi contoh yang baik bagi karakter seseorang. Pendidikan karakter ini menjadi sangat penting karena sekitar 70% dari sifat keluarga akan menjadi contoh bagi sifat-sifat karakter orang-orang dalam keluarga.

Tentunya orang tua akan mengajarkan faktor-faktor yang identik dengan sifat kedua orang tua. Tidak sama jika orang tua broken home maka akan mempengaruhi karakter anak atau orang-orang dalam keluarga, faktor ini akan berdampak sangat negatif pada karakter setiap orang dalam keluarga dan juga harus segera dihindari, jika Anda tidak mendapatkan pendidikan karakter internal maka karakter eksternal yang harus berintegritas.

  • Pendidikan karakter eksternal

Pendidikan karakter eksternal dapat diperoleh di banyak tempat seperti pendidikan karakter di sekolah, taman bermain, tempat bimbingan belajar, dan juga dapat diperoleh saat bermain dengan teman baik, mengikuti organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat dan sebagainya.

Pendidikan karakter eksternal juga penting untuk didapatkan oleh setiap orang, karena jika tidak mendapatkan pendidikan karakter secara internal, maka pendidikan eksternal ini akan menjadi wadah dan tempat untuk menambah nilai karakter yang baik dari orang tersebut.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memilih seorang mentor atau mentor yang akan mengajarkan anak-anak tentang pendidikan karakter dan memahami karakter mereka sendiri. Biasanya itulah gunanya guru BK untuk mengubah karakter seseorang menjadi lebih baik. Karakter tangguh membutuhkan mentor atau pembimbing yang bisa meredamnya karena jika sama kuatnya tidak akan ada perubahan karakter orang tersebut.

Pada saat ini di zaman modern bahaya globalisasi dan modernisasi sangat mempengaruhi karakter pribadi seseorang. Dimana pengaruh globalisasi dapat membuat seseorang cenderung menjadi faktor negatif atau faktor positif tergantung bagaimana cara menyaringnya, jika cenderung negatif maka dibutuhkan batasan-batasan yang dapat menghindari faktor tersebut dalam konteks ini bisa dipelajari dengan menerapkan beberapa nilai-nilai pendidikan karakter. 

Setelah mengenal karakter, faktor yang perlu Anda lakukan adalah menilai apakah karakter tersebut sudah tergolong karakter yang baik atau perlu perubahan lagi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Penilaian diri terhadap karakter cenderung lebih sulit daripada menilai karakter seseorang. 

Demikianlah informasi tentang pentingnya pendidikan karakter bagi pelajar semoga bermanfaat.


Postingan terkait:

  • makalah pentingnya pendidikan karakter bagi siswa
  • artikel pentingnya pendidikan karakter bagi pelajar
  • apa pentingnya pendidikan karakter
  • pentingnya pendidikan karakter di masa pandemi
  • pentingnya pendidikan karakter bagi mahasiswa
  • kesimpulan pendidikan karakter
  • pentingnya pendidikan karakter pdf
  • pentingnya pendidikan karakter bagi generasi muda