Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi dan Peran Teknologi Informasi Bagi Perusahaan

Fungsi dan Peran Teknologi Informasi Bagi Perusahaan - Penerapan Teknologi Informasi banyak digunakan oleh para pengusaha. Kebutuhan akan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu untuk menerapkan teknologi informasi di lingkungan kerja.

Pengertian Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang digunakan untuk data, termasuk mengolah, mengolah, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang akan digunakan untuk kepentingan pribadi.

pemerintah dan merupakan strategi informasi untuk pengambilan keputusan. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk mengolah atau menyimpan informasi, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Semua bidang membutuhkan teknologi informasi, baik itu hukum, ekonomi, perbankan, kesehatan, dan sebagainya.




Apa Fungsi Teknologi Informasi Bagi Perusahaan?

Ada enam fungsi teknologi informasi, yaitu:

1. Tangkap (Capture) Tangkap disini bisa diartikan sebagai input. Misalnya, menerima input dari mic, keyboard, scanner, dan lain-lain.

2. Processing Mengolah atau mengolah input data yang diterima menjadi informasi. Pengolahan dan pembangkitan data dapat berupa konversi, analisis, dan perhitungan (calculation).

3. Memiliki atau mengatur informasi ke dalam bentuk atau laporan yang berguna yang dapat diakses oleh orang lain.

4. Command (Storage) Merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lain. Contohnya adalah menyimpan ke harddisk, flash disk, tape, dan lain-lain.

5. Cari Kembali Mencari dan mengambil informasi atau menyimpan data dan informasi yang tersimpan. Misalnya mencari data penjualan yang sudah disimpan sebelumnya.

6. Transmit Mengirim data dan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalnya, mengirimkan data penjualan dari pengguna A ke pengguna lain.

Penggunaan TI dalam suatu organisasi merupakan hal yang penting, untuk mengimplementasikan TI harus dilihat dari karakteristik organisasi tersebut. Apakah TI mampu meningkatkan efisiensi suatu perusahaan, sehingga dalam mengimplementasikan TI dibutuhkan orang-orang yang handal yang dapat berjalan dengan baik. 

Ada 4 peran mendasar teknologi informasi dalam sebuah perusahaan, yaitu:

1. Fungsi operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping dan akan diambil alih oleh fungsi teknologi informasi. Karena kegunaannya tersebar di seluruh fungsi organisasi, unit-unit yang terkait dengan pengelolaan teknologi informasi akan berperan sebagai agen pendukung dimana teknologi informasi dianggap sebagai infrastruktur perusahaan.

2. Fungsi Pengawasan dan Pengendalian mengandung makna bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan di tingkat manajerial yang tertanam dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi yang terkait dengannya harus memiliki rentang kendali atau hubungan yang memungkinkan itu untuk berjalan secara efektif. interaksi dengan manajer di tempat kerja. perusahaan yang berhubungan.

3. Fungsi Perencanaan dan Keputusan mengangkat teknologi informasi ke peran yang lebih strategis karena menyediakan rencana bisnis dan informasi tambahan bagi para pemimpin perusahaan yang dihadapkan pada kenyataan pengambilan keputusan penting sehari-hari.

4. Fungsi Komunikasi pada prinsipnya termasuk dalam infrastruktur perusahaan. Di era organisasi modern dimana teknologi informasi ditempatkan sebagai sarana atau media bagi individu perusahaan untuk berkomunikasi, berkolaborasi, bekerja sama, dan berinteraksi.

Sehingga dapat dikatakan bahwa teknologi informasi (TI) memiliki banyak fungsi dan peran bagi perusahaan. Fungsi teknologi informasi adalah untuk menangkap, memproses, menghasilkan, menyimpan, dan mengambil data.

Dan peran penting teknologi informasi adalah fungsi operasional, fungsi pengawasan dan pengendalian, fungsi perencanaan dan keputusan, dan fungsi komunikasi. Sebagai berikut:

1. Fungsi Komunikasi

Komunikasi yang dilakukan di dalam perusahaan juga sangat didukung oleh TI. Ya, TI dapat berperan sebagai sarana atau media komunikasi bagi suatu organisasi atau individu. Hal ini memudahkan pekerja untuk berkolaborasi, bekerja sama dan berinteraksi.

2. Fungsi Pengawasan dan Kontrol

TI juga berperan dalam tingkat aktivitas manajerial yang tertanam sehingga struktur organisasi unit terkait harus memiliki span of control atau peer relationship. Dengan demikian, interaksi antara manajer terkait dapat berjalan secara efektif. Dalam hal ini, TI juga membantu manajer untuk mengawasi dan mengendalikan karyawan. Salah satu yang cukup sederhana, misalnya dengan menyatukan bentuk pegawai melalui CCTV.

3. Fungsi Perencanaan dan Keputusan

Selanjutnya, TI dapat membantu fungsi perencanaan dan pengambilan keputusan suatu perusahaan. Bagaimana caranya? TI bertindak sebagai generator pengetahuan bagi para pemimpin organisasi untuk membuat keputusan penting. Dengan TI, mereka dapat memperoleh informasi dengan cepat dan akurat sehingga dapat mengambil keputusan dengan lebih efisien.

4. Fungsi Antarorganisasi

Yang dimaksud dengan fungsi-fungsi berikut adalah TI dapat membantu perusahaan untuk bekerja sama dengan perusahaan lain. Baik perusahaan nasional maupun internasional.

Dengan lima peran dasar di atas, dapat dikatakan bahwa TI dapat membantu sebuah perusahaan untuk bekerja lebih mudah dan efektif.


Postingan yang paling dicari:

  • manfaat teknologi informasi bagi perusahaan
  • fungsi teknologi informasi storage
  • pengaruh teknologi informasi terhadap bisnis
  • peranan dan manfaat teknologi informasi
  • contoh penerapan teknologi informasi dalam perusahaan
  • peran teknologi informasi dalam dunia bisnis
  • peranan teknologi informasi dalam berbagai bidang
  • fungsi teknologi informasi dan komunikasi