Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Teknologi untuk Pengembangan Bisnis UMKM

Manfaat Teknologi untuk Pengembangan Bisnis UMKM - Dengan berkembangnya teknologi digital dan internet membuka peluang yang luas bagi banyak pelaku bisnis dan UMKM. Dengan teknologi kita tidak hanya bisa bersosialisasi tetapi juga menjalankan bisnis dengan lebih mudah.

Baik itu dari segi manajemen, hingga layanan pengiriman, produksi, ada berbagai platform yang bisa membantu bisnis Anda berjalan lebih lancar. Berikut manfaat teknologi bagi pengembangan bisnis UMKM.




Apa Saja Manfaat Teknologi untuk Pengembangan Bisnis UMKM?


1. Memudahkan Anda dalam memasarkan bisnis Anda

Sebelum berkembangnya teknologi internet, pemasaran suatu bisnis membutuhkan biaya dan tenaga yang lebih besar seperti penyebaran brosur atau memasang iklan di radio atau televisi. Namun saat ini sudah banyak platform online yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan bisnis Anda, mulai dari iklan online, website, media sosial, dan lain-lain.

Tak hanya itu, kini hadir berbagai platform yang dapat membantu Anda memasarkan bisnis dengan lebih cepat. Misalnya, sekarang ada alat yang dapat mengukur efektivitas strategi pemasaran Bisnis Anda atau membantu Anda menghasilkan desain yang lebih menarik.

Dengan memanfaatkan alat dan platform yang ada, Anda dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan dengan lebih cepat dan tepat.


Baca juga : macam macam fungsi dan manfaat teknologi yang perlu anda ketahui


2. Hemat Waktu dan Biaya

Dulu semuanya harus dilakukan secara offline yang mungkin berarti Anda harus datang dari satu tempat ke tempat lain, dengan teknologi internet Anda dapat melakukan berbagai hal tanpa perlu berpindah-pindah.

Dari menempatkan pesanan, mendelegasikan tugas hingga berkomunikasi dengan tim, memesan stok, menghubungi klien, Anda dapat melakukan semuanya melalui perangkat seluler Anda. Selain menghemat waktu, teknologi dapat membantu Anda menghemat biaya.

Dengan fleksibilitas dan kepraktisan yang ditawarkan oleh platform online, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan bisnis Anda dengan lebih efisien dari segi biaya dan waktu.


3. Produktivitas semakin meningkat

Bisnis kecil dan UKM untuk dapat bersaing lebih cepat dengan bisnis besar lainnya dan merespon perubahan dengan lebih cepat. Saat ini, teknologi dapat mengurangi terjadinya kesalahan sepele melalui otomatisasi proses.

Dengan berbagai software yang akan membantu semua urusan administrasi, Anda bisa lebih fokus mengembangkan strategi bisnis dan tim Anda bisa fokus mengerjakan hal-hal penting. Dengan begitu, produktivitas tim bisa lebih meningkat.


4. Manajemen Tim Lebih Mudah

produktivitas, komunikasi internal penting untuk mempertahankan bisnis. Dengan teknologi, komunikasi antar tim akan semakin mudah, misalnya melalui aplikasi chat seperti Whatsapp atau platform manajemen tugas seperti Trello.

Miskomunikasi dapat dihindari dan lebih mudah bagi Anda untuk meningkatkan kemajuan dan kemajuan masing-masing tim.


5. Meningkatkan layanan

Meskipun teknologi tidak dapat mengoptimalkan orang, teknologi dapat membantu Anda mengembangkan basis pelanggan Anda. Dengan berbagai platform online, Anda juga dapat melacak transaksi, pesanan, dan bukti pembayaran dengan lebih cepat dan mudah.

Selain itu, komunikasi dengan konsumen juga akan semakin dipermudah dengan berbagai platform dan fitur yang tersedia seperti kolom komentar DM dan Instagram, live chat, email, dan lain sebagainya.

Termasuk dalam hal pengiriman, kini sudah ada platform yang bisa Anda gunakan untuk menyediakan pengiriman. yang lebih dapat diandalkan. Dengan layanan kurir Lalamove yang dapat Anda akses melalui aplikasi atau situs web, Anda dapat melakukan pengiriman dengan lebih efisien.

Berbagai fitur yang beragam serta tarif yang kompetitif siap mendukung pengiriman untuk UMKM dan bisnis Anda. Selain itu, pengiriman Lalamove juga on-demand dan memiliki fitur real-time tracking sehingga dapat mengupdate informasi pengiriman ke konsumen dan dapat menerima barang lebih cepat.


6. Pengurangan biaya produksi dan operasional

Ketika bisnis UMKM mengandalkan teknologi, bisnis sebenarnya telah mengurangi biaya produksi dan operasional. Jika dibandingkan dengan bisnis konvensional, ini akan menjadi uang Anda karena tidak murah untuk produksi lama yang bukan produksi operasi.

Pemanfaatan teknologi disini bisa berupa mesin produksi, mesin, pengemasan, mesin hitung, kamera operasional dan agar perangkat yang dapat membantu teman-teman UKM Sumut berjalan lebih efektif dan efisien.


7. Memfasilitasi komunikasi dan pemantauan

Teknologi informasi telah membantu manusia untuk berkomunikasi tanpa jarak dan waktu. Ini juga berarti membantu bisnis dalam berinteraksi dengan klien dan mitra.

Selain itu, pengendalian dan pengawasan menjadi lebih mudah bagi karyawan, dengan adanya bantuan CCTV, seperti absensi sidik jari, atau kinerja software yang dapat menghitung kinerja karyawan.


8. Akses Informasi Terbuka Luas

Teknologi memungkinkan kita mendapatkan akses informasi yang jauh lebih luas. Informasi ini penting untuk bisnis. Ada berbagai jenis informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan bisnis dan juga investasi.

Pada zaman dahulu sebelum adanya teknologi, untuk melakukan survei kepuasan pelanggan atau survei selera pasar biasanya digunakan dari rumah ke rumah. Bisa juga dengan menyebarkan kuisioner secara massal.

Tentu cara ini sudah tidak efektif lagi di era digital seperti sekarang ini. Dengan memanfaatkan teknologi, Anda dapat dengan mudah melakukan survei online. Respon yang Anda dapatkan bisa lebih banyak tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra.