Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat PC Gaming Yang Benar

Tips Merawat PC Gaming Yang Benar - Bermain game sering membuat orang lupa waktu. Benarkah, Spacer? Sulit untuk berhenti sebelum Anda mengalahkan semua musuh atau mendapatkan hadiah yang ditargetkan. Oleh karena itu, memiliki PC gaming yang memiliki spesifikasi mumpuni menjadi penting untuk menunjang aktivitas gaming Anda.

Namun, ini tidak cukup. Anda juga perlu merawatnya agar performa perangkat tetap terjaga. Jangan sampai perangkat kamu tiba-tiba lag di tengah permainan hanya karena malas merawatnya, entah itu karena kondisi fisik atau software yang belum pernah update. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, Anda harus melakukan hal-hal berikut ini agar kinerja PC Gaming tetap terjaga dan aktivitas bermain game tidak terganggu.



Berikut ini ada beberapa tips Merawat PC Gaming yang baik dan benar, antara lain:

1. Membersihkan Pc Secara Teratur

Tips pertama yang harus Anda lakukan agar PC Gaming Anda tetap optimal dan terlindungi dari tumpukan debu dan kotoran adalah dengan membersihkan PC Anda secara rutin. Setidaknya Anda harus melakukan perawatan PC Gaming minimal tiga bulan sekali. Hal ini penting dilakukan, agar debu atau kotoran tidak menumpuk karena dapat mempersulit aliran udara di dalam mesin komputer.

Alat-alat yang bisa kita gunakan untuk membersihkan komponen hardware di PC Gaming Anda adalah alat pembersih seperti kuas, mini vacuum cleaner, cotton buds, cairan pembersih dan kain microfiber. Alat sederhana ini dapat menghilangkan sisa debu pada komponen. Selain debu, Anda juga bisa memperhatikan thermal paste yang menempel pada prosesor Anda. 

Baca juga: review laptop terbaik tahun ini


2. Pembaruan Driver Kartu Grafis

Performa sebuah PC gaming ditentukan oleh banyak hal, salah satunya adalah kartu grafis. Kabar baiknya, menjaga performa graphics card ini sama sekali tidak sulit asalkan Anda rutin melakukan update. Jika hal ini tidak dilakukan, bisa dipastikan performa PC Anda akan menurun bahkan sampai mengalami lag terus menerus. 

Untungnya lagi, umumnya produsen kartu grafis seperti Nvidia dan AMD akan secara berkala memperbarui driver pada PC gaming yang Anda gunakan. Dengan begitu, kinerja PC Anda selalu dapat meningkat dan beradaptasi dengan setiap game baru yang Anda instal.


3. Atur Kabel Secara Teratur

Hal selanjutnya Merawat PC Gaming adalah menjaga manajemen kabel. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun perlu Anda ketahui bahwa kabel yang terlipat dan kusut dapat membuat komponennya lebih rentan. Apalagi jika kabelnya terlalu berantakan, tentu berisiko besar terjepit.

Jangan membiasakan diri untuk tidak memperhatikan kabel. Karena Kabel yang terkelupas atau kehilangan fleksibilitas lebih rentan terhadap kerusakan, bahkan dapat mengancam komponen lain. Untuk kabel CPU, misalnya, Anda harus bisa melakukan pengaturan yang baik, anda tidak perlu khawatir lagi.


4. Memasang Filter Debu Pada CPU

Jika Anda ingin merawat CPU pada PC Gaming, salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah memasang filter debu. Di dalam casing, Anda bisa memasang kipas yang akan mengalirkan udara agar tidak terhalang oleh tumpukan debu atau kotoran. 

Keberadaan filter debu ini sangat penting untuk dipasang di lubang aliran udara. ada beberapa titik yang bisa Anda temukan di bagian atas, belakang, dan depan casing untuk menempatkan filter udara ini. Filter debu untuk PC cenderung besar dan dapat dipotong untuk dipasang. Namun ada juga yang bisa langsung dipasang di kipas angin.

Demikian ulasan tentang Tips Merawat PC Gaming Yang Benar, semoga bermanfaat.


Postingan paling dicari:

  • cara perawatan cpu
  • melakukan perawatan pc
  • teks prosedur tips merawat komputer yang sederhana
  • 7 perawatan wajib komputer
  • perawatan dan perbaikan laptop
  • cara merawat laptop yang jarang dipakai
  • mengapa monitor dan cpu perlu ditempatkan di tempat dengan ventilasi yang cukup
  • sebutkan 2 tipe perawatan komputer