Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Jenis Teknologi di Bidang Kesehatan

Manfaat dan Jenis Teknologi di Bidang Kesehatan - Seiring dengan berjalannya waktu teknologi saat ini telah berkembang pesat. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi ini sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Masa depan kesehatan dunia tidak lepas dari teknologi digital.

Kemajuan teknologi yang pesat juga berdampak pada bidang kesehatan. Perkembangan teknologi membantu para dokter dan praktisi kesehatan membangun pelayanan kesehatan yang lebih baik.




Apa saja Manfaat dan Jenis Teknologi di Bidang Kesehatan?

1. Manfaat Teknologi Kesehatan

Memudahkan pasien

Manfaat yang pertama teknologi di bidang kesehatan adalah memudahkan pasien. Kehadiran teknologi sangat memudahkan pasien terutama dalam mengakses informasi dan layanan kesehatan. Hanya dengan ponsel atau komputer, kini pasien dapat mengakses berbagai macam informasi kesehatan melalui internet.

Selain itu, berbagai macam layanan kesehatan yang tersedia secara online juga semakin memudahkan para pasien untuk mengakses layanan kesehatan. Pasien kini dapat mengakses informasi, menerima layanan konsultasi, dan menebus resep obat secara online. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi tenaga dan waktu pasien.

Mempersingkat Waktu Tunggu Pasien

Selain memudahkan pasien dalam mengakses layanan kesehatan, manfaat teknologi di bidang kesehatan juga dapat mempersingkat waktu tunggu pasien. Biasanya jika Anda melakukan pelayanan kesehatan di rumah sakit, Anda bisa mengantri berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan.

Namun kini dengan teknologi, Anda tidak perlu menunggu lama. Anda dapat membuat janji temu secara online dan konsultasi tatap muka di layanan kesehatan. Anda juga dapat membuat janji untuk konsultasi online dengan dokter.

Memudahkan dokter dan tenaga medis lainnya untuk membantu pasien

Dengan berkembangnya teknologi di bidang kesehatan, dokter dan tenaga medis lainnya semakin memudahkan pasien untuk mencapainya.

Kini hanya dengan koneksi internet dan telepon genggam, dokter dan tenaga medis lainnya dapat membantu pasien tanpa harus bertatap muka. Dokter juga dapat memiliki waktu dan tempat yang lebih fleksibel untuk membantu pasiennya.

Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Dengan akses yang lebih cepat dan mudah, kesehatan masyarakat tentu akan meningkat. Apalagi dengan beragamnya informasi yang tersedia di internet, ditambah layanan kesehatan online dapat menambah pengetahuan pasien dan membuat pasien lebih cepat berobat.

Selain itu, dengan berkembangnya teknologi, alat kesehatan juga semakin canggih. Berbagai macam alat kesehatan yang dapat memudahkan dokter dalam mendiagnosis dan merawat pasien. Beberapa teknologi yang memudahkan dokter dalam merawat pasien menemukan alat cuci darah. Tentunya hal ini sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Penyimpanan Data Menjadi Lebih Mudah

Keunggulan teknologi di bidang kesehatan selanjutnya adalah lebih mudah dalam menyimpan dan memelihara data. Teknologi di bidang kesehatan tidak hanya memudahkan pasien dan tenaga medis. 

Dengan adanya teknologi memudahkan penyedia jasa untuk menyimpan data penting pasien seperti rekam medis atau data penting lainnya. Penyedia layanan kesehatan dapat dengan mudah membuka dan menyimpan data lagi.

Jadikan Alur Kerja Lebih Sederhana

Perkembangan teknologi di bidang kesehatan membuat alur kerja menjadi lebih efektif. Mengapa demikian? karena dengan layanan online, alur yang disiapkan kurang tepat saat pasien melakukan layanan tatap muka di rumah sakit.

Pasien dapat membuat janji temu secara online dan berkonsultasi pada waktu yang ditentukan. Sedangkan jika dilakukan secara tradisional, pasien perlu mendaftar ke pelayanan kesehatan, kemudian mengambil nomor antrian. 

Setelah itu pasien harus mengantri lama untuk mendapatkan hasil dari dokter. Hal ini membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Sehingga teknologi di bidang kesehatan menjadi solusi dari permasalahan tersebut.

Baca juga:


2. Jenis Teknologi Kesehatan

Teknologi menghubungkan sel kulit dan tulang

Anda tentu paham, kan bagaimana paniknya orang yang mengalami kecelakaan plus patah tulang? Tentu saja, perawatan medis yang cepat diperlukan ketika ini terjadi. Terutama tentang menyambung tulang. 

Teknologi pembakaran lemak

Bagi Anda yang mengalami obesitas, temuan baru di bidang medis ini juga diprediksi akan sangat membantu Anda. Teknologi yang akan membantu mencairkan akumulasi lemak diubah dengan "microneedle patch" dengan teknologi nanopatch.

Teknologi ini diciptakan oleh para peneliti dari Colombia University Medical Center. Namun, tidak semua orang bisa menerapkan teknologi ini. Mereka yang pernah atau sedang mengonsumsi obat diet yang efeknya bekerja mengubah lemak coklat menjadi lemak putih harus memiliki jangka waktu tertentu agar efek obat diet berkurang.

Mengendalikan Teknologi dengan Pikiran

Bagi penderita kelumpuhan, disinggung sulitnya mereka melakukan berbagai aktivitas yang perlu dilakukan hanya dengan melakukan segala sesuatunya secara individual. Bagaimana mungkin jika masih sulit bergerak, apalagi melakukan hal lain yang tentu saja tidak mudah baginya.

Jika kamu penggemar genre sci-fi pasti sudah tidak asing lagi dengan adegan film yang menampilkan teknologi super canggih yang bisa membaca apa yang membuat seseorang kemudian menjalankannya. Seolah-olah seseorang hanya mengandalkan kemampuan pikirannya seperti kemampuan telepati.

Detektor Kanker

Kanker masih menjadi penyakit serius yang ditakuti banyak orang. Bagaimana tidak takut, mulai dari biaya pengobatan dan obat-obatan yang tidak murah hingga beberapa hal yang kebanyakan orang menambah kehidupan.


Postingan yang paling dicari:

  • perkembangan teknologi di bidang kesehatan
  • contoh teknologi di bidang kesehatan
  • teknologi informasi di bidang kesehatan
  • apa manfaat tik dalam bidang kesehatan
  • teknologi kesehatan
  • contoh teknologi informasi dalam bidang kesehatan
  • sebutkan 3 manfaat dan contoh teknologi pada bidang kesehatan
  • dampak negatif teknologi di bidang kesehatan